While My Guitar Gently Weeps, Lagu Terbaik George Harrison


Lagu ini menjadi salah satu alasan saya kenapa saya sangat menyukai The Beatles. Meski tidak ditulis oleh dua tokoh utama, Lennon dan McCartney, namun menurut saya lagu ini termasuk lagu yang langka dalam jajaran lagu Beatles lainnya.

Majalah Rolling Stone menobatkan lagu ini di peringkat 7 sebagai lagu gitar terbaik sepanjang masa. Seseorang yang terbiasa mendengar lead gitar full speed seperti yang dilakukan Joe Satriani atau siapalah itu namanya, pasti akan kebingungan ketika lagu yang sepertinya biasa-biasa saja ini dianggap sebagai salah satu lagu gitar berpengaruh. Sebuah poling online yang diadakan majalah Guitar World pada Februari 2012 lagu ini terpilih sebagai lagu terbaik Harrison saat bersama The Beatles.
Selain karena memang menyukai lagu ini, peran Eric Clapton tentu menjadi sosok kunci mengapa lagu ini menjadi begitu legendaris. Clapton memang diminta secara khusus oleh George Harrison untuk mengisi lead guitar di lagu yang ada di White Album (1968) ini, sehingga membuat lagu ini begitu membekas di telinga para Beatlemania, termasuk para pecinta musik rock di dunia.

Harus diakui tidak banyak lagu Beatles yang solo gitarnya begitu menonjol, namun lagu ini menjadi pengecualian — meski tentu saja tidak bisa dibandingkan dengan lagu-lagu heavy metal tahun 70-an, 80-an, apalagi di era yang lebih modern.

While My Guitar Gently Weeps dicover begitu banyak musisi lain dengan berbagai genre musik, dari pop, reggae, jazz, rock, hingga metal. Salah satu musisi terbaik yang pernah mengcover lagu ini adalah Santana. Di lagu ini, lead gitar Santana yang memang kuat mengisi di sepanjang lagu. Benar-benar cover yang amat keren.

Selain musisi luar negeri, musisi Indonesia juga cukup banyak yang mengcover lagu ini. Salah satunya adalah Ipang dan Ridho. While My Guitar Gently Weeps membuktikan intuisi George Harrison dalam bermusik tidak kalah jika dibandingkan dengan duo Lennon dan McCartney. Saya menyebutnya salah satu gitaris rock n roll terbaik di masanya, seorang Beatle paling pendiam, dan religius karena di akhir masanya bersama The Beatles, George sangat masyuk mempelajari agama Hindu.

Tinggalkan komentar