Kata Mereka Tentang The Beatles


image

The Beatles (dari kiri: John Lennon, George Harrison, Ringo Starr, Paul McCartney)

Puja Mandela

Kontribusi The Beatles di dunia musik memang sudah tidak diragukan lagi. Rasanya hampir seluruh musisi berlabel legenda sudah pernah memuji kedahsyatan The Beatles. Mereka yang sudah menjadi legenda saja memuji, bagaimana bisa anak kemarin sore yang mengaku sebagai musisi malah tidak mengenal The Beatles.

The Beatles tak mengenal genre musik, sebab hampir seluruh genre musik populer akarnya dari The Beatles. Kalau anda pernah mendengar musik Queen dan Pink Floyd, itulah The Beatles di era 70an. Simak album The Dark Side of Moon milik Pink Floyd dan A Night At The Opera dari Queen, keduanya bagaikan Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band.

Kalau anda pengangum Black Sabbath, maka Black Sabbath adalah pemuja The Beatles. Dengarkan saja Happines A Warm Gun, Helter Skelter dan Revolution 9, di lagu itulah akar musik heavy metal, progressive rock dan progressive metal berasal.

Kalau anda pengangum alternatif rock, U2, Nirvana, Oasis, Coldplay, Radiohead, Linkin Park, adalah band-band yang sangat terinfluence oleh The Beatles. Bahkan band Punk Green Day juga fans The Beatles.

Lebih hebat lagi, fans Beatles tidak hanya berasal dari kalangan Pop, Blues dan Rock saja. Sebab banyak sekali musisi Jazz yang juga sangat fanatik dengan musik The Beatles. Kalau anda penggemar Jazz tapi tidak kenal The Beatles, lebih baik anda jualan gorengan saja.

Sayangnya sebagian catatan saya yang saya ambil dari beberapa sumber belum saya temukan. Namun pujian musisi untuk The Beatles dibawah ini mungkin sudah bisa mewakili kebesaran The Beatles.

Beatles adalah monster berkepala empat. (Mick Jagger The Rolling Stones)

Man, kalian sungguh beruntung memiliki empat penyanyi utama. Sementara The Rolling Stones hanya punya Mick Jagger. (Keith Richard The Rolling Stones)

John Lennon adalah Tuhanku. (Ozzy Ousborne Black Sabbath)

Setelah era The Beatles, tidak ada musisi yang tidak terpengaruh oleh The Beatles. (David Foster)

“Aku harus jujur. Jika bukan karena The Beatles, aku tidak akan jadi musisi. Dari kecil, waktu aku masih sangat muda, aku sudah jatuh cinta pada groove dan flamboyannya mereka, bakat dan kesombongan, sisi gelap dan indahnya mereka”. (Dave Grohl Nirvana /Foo Fighter)

Nirvana adalah perpaduan harmonisasi The Beatles dan suara gitar kasar ala Black Sabbath. Kurt Cobain Nirvana

Aku menyukai Beatles, tetapi aku benci Paul McCartney.(Kurt Cobain Nirvana)

“Saya berharap bertemu Kurt Cobain. Saya selalu punya ketertarikan dengannya. Ia kidal, bermata biru, seorang Gemini, mencintai The Beatles seperti saya” (Noel Gallagher Oasis)

Aku adalah fans fanatik The Beatles dan tak akan pernah tergoyahkan. (Liam Gallagher Oasis)

Album favorit saya mungkin dari The Beatles. Sepertu ‘Abbey Road’, ‘A Hard Day’s Night’, John Lennon dengan ‘Imagine’. Saya suka semua yang mereka lakukan. Liam Gallagher Oasis

Beatles adalah alkitab bagi kami dalam cara mereka menggunakan studio, teknik rekaman dan melukiskan naluriah harmoni yang indah.
(Brian May, Queen)

Beatles dan Jimi Hendrix adalah pahlawan kami. White Album (Beatles,1967) seperti teks-teks agama bagi Queen. (Brian May, Queen)

Album A Night At The Opera yang diluncurkan Queen pada 1975 adalah album Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band kami. (Roger Taylor, Queen)

Selalu banyak pemusik Amerika di Inggris, sampai akhirnya Beatles datang. Maka terjadi pergeseran musik di Inggris. (John Deacon, Queen)

Album Imagine adalah album favoritku sepanjang masa. (Freddie Mercury, Queen)

Revolver (1966) adalah album paling penting bagi perkembangan musik rock. Ini album terbaik yang pernah diciptakan musisi. Joe Satriani

Dibuku “Cathc a Fire : The Life Bob Marley”, Bob Marley mengaku sebagai fans Beatles, dan berbulan bulan tanpa henti mendengarkan album Revolver (1966). Di masa awal karirnya, Marley juga pernah mengcover And I Love Her.

Ketika mengetahui George Harrison datang di backstage, Bob Marley berkata kepada penonton, “ras beatle” di panggung.

Aku adalah anak Beatles. Melihat Beatles Ed Sullivan Show seperti kombinasi agama dan musik. Mereka mengubah segalanya. Gene (Kiss)

Mereka berkata, “hei kami mengambil bagian ini dari Beatles. Aku mendengarkan Beatles dan Oh My Gosh! Sekarang aku paham Beatles itu sialan! Ellefson (Megadeth)

Aku tumbuh dengan musik Kiss dan Cheap Trick. Ketika mengetahui mereka terinspirasi Beatles, maka aku mendengarkan Beatles. Ellefson (Megadeth)

Aku berfikir beberapa lagu Beatles adalah Punk Rock dengan cara mereka membuat musik yang riang namun liriknya tajam dan menusuk. Billie Joe Amstrong (Green Day)

Aku lebih berhubungan dengan musik Beatles seperti melodi dan hal yang lain. Stones? Aku hanya mendengar saja, tidak terinfluence ke mereka. John Petrucci

Aku mencintai Beatles. Aku adalah pria Beatles. When I’m 64 lagu favoritku. Impianku adalah membuat lagu bersama Paul. Syn Gates (A7X)

Personel Beatles memiliki karakter musik yang berbeda. Itu membuat varian musik mereka indah dan berbeda di setiap albumnya. Roger (Deep Purple)

Maraknya band heavy metal dan sejenisnya di Amerika tak bisa dilepaskan dari pengaruh British Invansion (1964) yang diawali The Beatles. Rick Savage (Def Leppard)

Ringo adalah pengaruh awal aku mencintai drum. Aku tumbuh dengan mendengarkan Beatles dari ayahku. Alan Cassidy (Black Dahlia Murder)

Aku tumbuh dengan musik Beatles. Beatles pengaruh terbesar dalam hidupku sejak kecil. Phil Anselmo of Pantera.

Dipecat karena menyukai Beatles. Cara yang salah mempermainkanku, haha. Sebab akulah yang menulis God Save The Queen dan Anarchy In UK. Glen (Sex Pistols)

Jika lagu Beatles terdengar di mobil, aku menjelaskan lagu tersebut kepada anak-anak agar mereka tahu bahwa Beatles itu penting. Brandon (The Killers)

Kami adalah penggemar Beatles, The Who dan The Kinks. Kami ingin membuat era-era itu kembali. Paul Simonon (The Clash)

Beatles or Stones? Lennon musisi favoritku sepanjang masa. Jelas, Beatles memiliki keindahan harmoni yang begitu besar. Rivers (Weezer)

Aku mulai menjadi penggemar Beatles ketika berusia 4 tahun. Karena seluruh keluargaku adalah fans Beatles. (Jamie Cook, Artic Monkeys)

Sumber ; Beatles Mania Indonesia dan beberapa sumber lainnya.

Tinggalkan Balasan

