50 Lagu Terbaik Iwan Fals


image

Oleh Puja Mandela

Tentu bukan hal yang mudah untuk memilih lagu yang layak dinobatkan sebagai lagu terbaik Iwan Fals sepanjang masa. Dan sampai hari ini, para penggemar Iwan Fals tidak akan ada yang bisa menjawab dengan pasti lagu apa yang pantas dan layak menduduki rangking pertama lagu terbaik yang pernah diciptakan Pak Tanto.

‪Hampir seluruh lagu di era akhir 1970-an sampai awal 1990-an memiliki tempat tersendiri di hati jutaan penggemar Iwan Fals baik yang fanatik, radikal, garis miring, agak waras dan benar-benar waras. Maklum, penggemar bang Iwan di Indonesia berasal dari berbagai kalangan, dari anak-anak, orang dewasa, sampai mereka yang sudah bau tanah.

‪Sebagai penggemar yang sangat mengagumi sosok beliau, saya tidak bisa tegas menyebut bahwa misalnya, lagu Belum Ada Judul lebih baik dari lagu Ibu. Atau lagu Pesawat Tempurku lebih baik daripada lagu Yang terlupakan.

Sengaja saya nobatkan Belum Ada Judul di peringkat pertama tidak lain karena lagu yang hanya diiringi petikan dan harmonika ini adalah lagu favorit saya yang paling sering saya nyanyikan. Seperti ada kekuatan magis di dalam lagu yang bertutur tentang persahabatan.

‪Berikut 50 lagu terbaik Iwan Fals (menurut saya)

Belum Ada Judul

Lagu yang hanya diiringi petikan gitar akustik dan harmonika ini menceritakan pahit getirnya perjalanan dua sahabat. Belum ada judul adalah sebuah masterpiece disamping lagu kritis dan lagu-lagu populer Iwan Fals yang begitu akrab di telinga masyarakat Indonesia. Jika Anda hanya mengetahui lagu-lagu populer Iwan Fals tapi tidak pernah mendengar lagu ini, maka Anda termasuk golongan orang-orang yang merugi.

Ibu

John Lennon dan Paul McCartney sepertinya harus belajar membuat syair seperti Iwan Fals. Mother atau Let It Be? Lewaaaaaat……..

Yang Terlupakan

Yang terlupakan adalah lagu favorit saya sepanjang masa. Lagu ini pertamakali muncul pada album Sarjana Muda pada 1981 dengan nuansa ballads, dan dirilis kembali pada album Mata Dewa (1989) dengan gaya yang lebih ngerock. Sosok yang pertama kali mengenalkan lagu ini adalah bapak saya sendiri.

Pesawat Tempur

Lagu ini menjadi salah satu cikal bakal Iwan Fals masuk ke musik rock. Bimbim Slank pernah memuji kejeniusan Iwan Fals dalam mengolah lirik di dalam lagu ini. Disamping itu, Pesawat Tempurku memang asyik karena sentuhan rock n roll yang cukup kental.

Guru Umar Bakrie

Umar Bakrie begitu identik dengan sosok Iwan Fals. Lagu ini menjadi kunci sukses Iwan Fals di awal karirnya.

Bongkar (Swami, 1990)‬

Majalah Rolling Stone menobatkan Bongkar sebagai lagu terbaik sepanjang masa. Lagu ini diakui sebagai gerakan lagu protes terbaik yang pernah diciptakan musisi Indonesia. Rolling Stone memuji, “Iwan Fals dan Sawung Jabo itu sejajar dengan duet John Lennon Paul McCartney dan Mick Jagger Keith Richard”.

Sumbang, (Sumbang,83)‬

Meski masih terkesan malu-malu, namun cita rasA rock mulai terasa di lagu ini. Siapa lagi kalau bukan karena campur tangan Ian Antono sang legenda rock Indonesia. Lirik lagu ini begitu tajam dan lugas. Diantara deretan lagu yang pernah diciptakan Bang Iwan, Sumbang termasuk lagu yang spesial.

‪Sarjana Muda, (Sarjana Muda, 81)‬

Pahit getir perjalanan seorang sarjana saat mencari pekerjaan tergambar jelas di lagu ini. The best lah, pokoknya!

‪Isi rimba Tak Ada Tempat Berpijak Lagi, (Opini, 82)‬

Ketika Bang Iwan menggelar konser “kecil” di Lapangan Murjani Banjarbaru Kalimantan Selatan, beliau mengungkapkan bahwa lagu ini memang khusus ia buat untuk Kalimantan Selatan. Pada awal 1980-an, hutan-hutan di Kalimantan digunduli tanpa ampun. Kegelisahan seorang Iwan Fals sangat nyata terlihat di lagu ini.

Pulang Kerja, (Cikal, 91)‬

Pulang Kerja tidak termasuk deretan lagu populer Iwan Fals. Lagu ini juga tidak pernah dimasukkan ke dalam album best of the best. Tapi bagi saya, lagu ini amatlah istimewa. Saya seperti menemukan sesuatu yang berbeda dari lagu ini. Apalagi lirik lagunya, wuiiih…

‪11.Cikal (Cikal,91)
12.Galang Rambu Anarki (Opini,82)
13.Lagu Satu (Hijau,93)
14.Ethiopia (Ethiopia,84)
15.Nak (1910, 88)
16.Buku Ini Aku Pinjam (1910, 88)
17.Ada Lagi Yang Mati (1910, 88)
18.Air Mata Api (Mata Dewa, 89)
19.22 Januari (Sarjana Muda, 81)
20.Belalang Tua‬ (Suara Hati, 2002)

‪21.Tikus-tikus Kantor
22.Jangan Bicara
23.Hadapi Saja
24.Ujung Aspal Pondok Gede
25.Tolong Dengar Tuhan
26.Tak Biru Lautku
27.Bangunlah Putra Putri Pertiwi
28.Do’a Pengobral Dosa
29.Serdadu
30.Semoga Kau Tak Tuli Tuhan‬

‪31.Siang Seberang Istana
32.Lonteku
33.Perempuan Malam
34.Sugali
35.Imitasi
36.Frustasi
37.Obat Awet Muda
38.Mereka Ada Dijalan
39.Puing I & Puing II
40.Panggilan Dari Gunung‬

‪41.Kereta Tiba Pukul Berapa
42.Satu-satu
43.Asik Nggak Asik
44.Manusia Setengah Dewa
45.Negeri Kaya
46.Katanya
47.Si Putri dan Si Fulan
48.Intermezzo
49.CIK
50.Sore Tugu Pancoran‬

*Review singkat masing-masing lagu akan selalu saya update.

46 pemikiran pada “50 Lagu Terbaik Iwan Fals

  1. Lagu “potret” di album belum aja judul juga mantep tuh, oia 1 lagi, lagu “puing”

  2. lagu “ibu” kok ga masuk 10 besar ?

    • maaf kalau kurang berkenan, ini cuma lagu favorit yang sering saya “setel”, hehe… salam falsmania

      • OI Nama peNGG
        emarnya BUKan fALSMANia

      • sedikit koreksi, Falsmania itu kurang lebih sama dengan fans club, sedangkan Oi itu nama organisasi masyarakat, yang didirikan oleh para penggemar Iwan Fals. Sebutan fans Iwan Fals sendiri banyak sekali…

      • Lagu yang (aku lupa judulnya) “BISNISKU MENJAGAL JAGAL APA SAJA YG PENTING AKU SENANG AKU M3NANG….” kok gak masuk padahal bagus lho…

      • Bento maksudnya…? Lagu itu sudah terlalu umum. Sudah banyak yg tahu. Jadi menurut saya tidak perlu dimasukkan list…

  3. klo mnurut sya lgu nmor satux iwal fals bagi sya adalah, doa pengobral dosa dri album sarjana muda 1981, perpaduan balad dan country,, instrumentx mantab,.. mnceritakn tentng masalh sosial, lirikx manis…

  4. saiiiik setuju lah (y)

  5. bongkar-nya mana mas

  6. semua lagu Iwan Fals adalah TERBAIK…..

  7. Iwan Fals_1910.
    Iwan Fals_Kereta Tiba Pukul Berapa.

  8. IWan FALS __ mata indh bola pingpong
    IWan FALS __ maaf cinta ku

  9. Semua lagu bang Iwan itu terbaik

  10. _semua lagu BANG IWAN ,. Menurut saya adalah lagu” terbaik di negeri ini :)

  11. “Coretan Dinding” juga oke bang…

  12. yang terlupakan
    mursala

  13. buku ini aku pinjam, jendela kelas satu, kembang pete dan galang rambu anarki.. mantap2 tuh..!!!

  14. SIP BRO MAKASIH YE

  15. ijin catat ya mas broooo

  16. maksih min,, kbtulan lagi butuh lirik nya bang iwan,, sukse buat dmin nyaaa

  17. Ping balik: Padamu Negeri Iwan Fals Yang | Radhen Bhoncel Tips & Trik

  18. Pesawat Tempur Om
    Sama “Lagu Cinta”

  19. Iseng nyari lagunya bang iwan, ketemu artikel ini. ternyata postingannya udah lama banget yak? (2011)

  20. 1. Rock Kemanusiaan – Katakan Kita Rasakan (Iwan Fals). 2. God Bless – Damai Yang Hilang (Jockie Suryoprayogo & Iwan Fals)

  21. Lagu Ibu Kayaknya Harus Nomor Satu Itu Gan

  22. mantap bang lagu pilihannya… :)

    ane suka… ;)

  23. Anda lupa memasukkan lagu Katakan Kita Rasakan ya? Atau anda belum pernah mendengarkan lagu ini? Lagu Katakan Kita Rasakan diciptakan oleh Iwan Fals dan dinyanyikan oleh Rock Kemanusiaan (Iwan Fals, Ikang Fauzi, Achmad Albar, Gito Rollies, Nicky Astria, Renny Jayusman dan kawan – kawan lainnya).

    • Hehehe….. Dulu waktu masih berjudul 25 lagu terbaik IF, saya cantumkan lagu tsb termasuk lagu Trauma God Bless. Kebetulan baru saja saya ubah…

  24. Ada lagi lagu Damai Yang Hilang (Djokie Suryoprayogo & Iwan Fals) dan lagu Trauma (Teddy Soedjaya & Iwan Fals). Meskipun bukan Iwan Fals sebagai penyanyinya, (namun band God Bless, vokal : Achmad Albar sebagai penyanyinya). Saya menganggap dua lagu tersebut adalah karya emas Iwan Fals bersama personil band God Bless ; Djokie Suryoprayogo (keyboard) dan Teddy Soedjaya (drummer). Silahkan simak dan mendengarkan.

  25. Kalau saya tidak salah, Iwan Fals pernah berduet dengan Vina Panduwinata. Maaf, saya tidak tahu judul lagunya.

  26. lagu celoteh camar tolol mana kok nggak masuk ??

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s