Sedikit tentang SLANK dan 25 Lagu Terbaiknya


Sebelum masuk ke 25 lagu terbaik Bimbim dkk, ada baiknya saya paparkan sedikit mengenai semboyan khas Slank dan Slankers yang sudah mendarah daging dikalangan band yang sangat menggemari band legendaris The Rolling Stones tersebut. Yaitu PLUR. PLUR sendiri berarti Peace Love Unity Respect yang memiliki pengertian antara lain, sebagai seorang manusia yang hidup bersama harus memiliki rasa perdamaian, cinta, rasa persatuan dan rasa hormat dengan sesama yang dapat berarti positif bagi kemanusiaan yang bersifat universal. Slogan tersebut mulai digunakan Bimbim cs sebagai ‘simbol’ sejak diluncurkannya album PLUR tahun 2004. Sejak saat itulah slogan tersebut mulai digunakan dan populer dikalangan Slankers. Sebelumnya Slank identik dengan slogan ‘PISS’ yang juga menjadi salah satu album terbaik mereka.

“Lepaskan rasa takut, untuk meraih perdamaian,”kata Kaka. Namun yang utama daLam PLUR itu sendiri adalah bukti nyata. Jangan hanya dibibir saja, seperti  mengupdate status Facebook dengan selalu menyisipkan kata PLUR, tetapi dalam keseharian slogan tersebut tidak terpakai karena hanya digunakan untuk gaya-gayaan atau keren-kerenan saja. Tentunya hal tersebut menjadi sesuatu yang percuma dan ‘eman-eman’.

Bagaimana kita memanfaatkan slogan tersebut sehingga dapat menjadi motivasi positif untuk menjalani kehidupan? Tentunya hal tersebut kembali pada diri kita masing-masing, bisa menjalankannya atau tetap hanya menjadi ‘hiasan’ belaka.

Baiklah,  saya cukupken sampai disini saja pembahasan mengenai PLUR. Berikutnya saya akan mencoba menulis 25 lagu Slank favorit saya yang senantiasa menemani saya dan tentunya sudah lengket di hati dan pikiran saya. Slank yang saya kenal memiliki dua periode yang berbeda, yakni Slank generasi lama dan Slank generasi baru. Disini, saya tak perlu menjelaskan perbedaan antara keduanya, karena saya anggap anda-anda sudah mengetahuinya.  Jika boleh berkata jujur, saya  lebih akrab dengan lagu-lagu lama Slank, ketimbang lagu-lagu Slank yang baru. Sebagian orang juga berpendapat demikian. Album yang sangat saya kagumi dari band yang bermarkas di gang Potlot ini adalah album pertama suit…suit…he…he…  Yang diluncurkan pada 1991 dan album Kampungannya yang dirilis pada 1992.

Tentunya daftar lagu yang saya buat sudah melalui uji laboratorium forensik…., maksud saya, daftar lagu yang saya buat dibawah ini adalah lagu-lagu yang memang sudah sangat familiar ditelinga saya dan tidak asal buat saja. Dan maap maap kate, sebagian besar lagu yang berada dalam daftar lagu terbaik ini adalah tembang-tembang lawas yang memang dianggap memiliki pengaruh dan kualitas yang lebih baik dibandingkan lagu-lagu terbaru Slank.

Baiklah, langsung saja berikut 25 lagu terbaik SLANK menurut saya

25. Balikin (Tujuh, 1997)

24. Aku Gila, (Suit…suit…he…he…, 1990)

23. Terbunuh Sepi (Generasi Biroe, 1994)

22. Gara gara Kamu

21. Kereta Terakhir (Virus, 2001)

20. 1×1=Nggak Janji (999 + 09, Biru)

19. Anyer 10 Maret (Piss, 1993)

18. Tong Kosong (Lagi Sedih, 1996)

17. Bali Bagus  (Kampungan 1991)

16. Ladies Night Ebony (Suit..suit..he..he.. 1990)

15. Nggak Perlu (Lagi Sedih, 1996)

14. Nggak Rock N Roll (Kampungan 1991)

13. Virus (Virus, 2001)

12. Bocah    (Suit..suit..he..he.. 1990)

12. Maafkan    (Suit..suit..he..he.. 1990)

11. Mawar Merah (Kampungan 1991)

Berikut 10 besarnya

 

10. I Miss U but I hate U

Salah satu lagu Slank yang paling populer setelah hengkangnya Pay, Indra dan Bongky. Lagu ini cukup nempel dihati saya, karena waktu SMP dulu sering sekali menyanyikan lagu ini. Bisa dibilang ini lagu kenangan saya. Hehehe…..

9. Mars Slankers (Road To Peace, 2003)

Masih terngiang ngiang difikiran saya, persisnya pada tahun 2005, saya lihat cuplikan konser Road To Peace Slank di TV menampilkan lagu Mars Slankers yang sangat menarik perhatian saya. Seketika, saya langsung mencari kasetnya. Sampai sekarang lagu ini menjadi salah satu lagu Slank yang paling sering saya nyanyikan bersama teman-teman.

8. Anak Terbuang (Kampungan 1991)

Lagunya asik, melodi gitar Pay dan suara piano Indra Q menghiasi intro lagu yang bercirikan Rock n roll ini.

7. Terlalu Manis (Kampungan, 1991)

Menjadi salah satu lagu terpopuler Slank, terlalu manis menjadi hits yang tak lekang oleh waktu. Sampai sekarang Slank masih sering menyanyikan lagu ini. Kalau ada yang tidak kenal dengan lagu ini, wah sungguh terlalu…

6. Pulau Biru (Kampungan, 1991)

Salah satu lagu paling berpengaruh Slank. Erros Chandra SO7 pernah mengatakan bahwa Pulau Biru adalah salah  lagu wajibnya dulu hingga sekarang.

5. Memang (Suit..suit..he..he… 1990)

Sebuah masterpiece dari Slank, lagu ini menempati peringkat 14 dari 150 lagu terbaik sepanjang masa Majalah Rolling Stone. Irama Rock N Roll sangat kental pada lagu ini, semua personel bermain sangat baik. Saya sangat ngefans dengan suara piano Indra yang menjadi nyawa pada lagu ini, selain lengkingan vokal Kaka tentunya.

4. Kamu Harus Pulang (Generasi Biroe, 1994)

Siapa sih yang tidak kenal lagu ini, no coment lah buat lagu ini. Mantap
Sayang, slank  sekarang tidak pernah menggunakan keyboard khas Indra jika tampil live membawakan lagu ini, baik dalam konser maupun saat live di TV. Menurut saya, itu mengurangi cita rasa menikmati renyahnya lagu ini.

3. American Style (Suit..suit..he..he.. 1990)

Mantap, hanya kata itu yang bisa saya katakan mengenai musikalitas Bimbim cs dalam lagu ini. Aroma rock 90an sangat kental disini. Yang jadi pertanyaan sekarang, kenapa Slank tidak pernah lagi menyanyikan lagu ini….?
hanya satu jawabannya. liriknya, ya… liriknya tidak pas dengan Slank zaman sekarang. Hehe……… Overall, lagu ini adalah lagu yang sangat bagus.

2.Suit..suit..he..he..   (Suit..suit..he..he.. 1990)

Saya sedikit kecewa dengan Slank, kenapa jarang sekali memainkan lagu ini saat konser. (apa pas saya yang ngga nonton ya, hehe…)  Sound gitar Pay sangat mantap disini, kerjasama seluruh personel pun luar biasa, rasanya dua jari saja tak cukup menggambarkan sedapnya lagu ini. Apalagi lengkingan vokal Kaka, wuih, ngeri kali…..
1.  Untuk peringkat pertama, silahkan isi sendiri lagu Slank favorit anda…. hehe……

Sekian,

PISS……PLUR…..

13 pemikiran pada “Sedikit tentang SLANK dan 25 Lagu Terbaiknya

  1. Gw g bs komentar yg muluk” tntg sl4nk. Krn sl4nk sllu mnjd inspirasi gw dlm bergaul trhdp smua org, tnpa memandang sblah mata.
    P L U R…

  2. no 1 – kupu biru

  3. Bimbim Jangan Menangis

  4. gue suka lagu slank yang “ku tak bisa dan terlalu manis”.

  5. slank selalu dihati n di jiwa, tanpa slank mungkin gue nggak bisa hidup!! karna slank adlh darah gue,, slank d’tunggu lg tournya>>kota semarang.

    salam damai \V/
    SLANKERS N SLANKY DEMAK MATA HATI REFORMASI…

  6. Lagu (popies lane memory,#1,terlalu manis,ku tak bisa,bersama kita menangis,terserah,bimbim jangan menangis,piss,jinna,indonesiakan una).

  7. Aku Gila.., album 1 sampe album 4 slank rock n roll abis dah pissss

Tinggalkan Balasan

