Fadli Zour dan Mars Tanah Bumbu


image

oleh:
Puja Mandela

Mari singsingkan lengan bajumu
Siapkan sikap tenagamu
Bekerja kita bekerja
Bekerja demi bahagia
Untuk masa depan kita semua
Tanah Bumbu pasti Jaya

Lirik diatas merupakan penggalan lirik Mars Tanah Bumbu karya Fadli Noor atau yang lebih dikenal dengan nama Fadli Zour, maestro seni Kalimantan Selatan (Kalsel) yang lahir pada 13 Desember 1939.

Jika menilik penggalan lirik tersebut, Fadli Zour di awal 2000-an, sudah lebih dahulu menggelorakan semangat “kerja” sebelum jargon ini digunakan oleh pemerintahan sekarang.

Fadli Zour mungkin lebih dikenal masyarakat Kalsel sebagai pencipta lagu Pembatangan yang legendaris itu. Tetapi karya besar seorang Fadli Zour tidak hanya lagu Pembatangan. Masih banyak karya lain dari Fadli Zour yang tak kalah dengan lagu Pembatangan atau Mars Tanah Bumbu.

Di blog ini, saya hanya akan menulis catatan kecil dibalik pembuatan lagu Mars Tanah Bumbu, yang bagi sebagian orang mungkin dianggap tidak terlalu penting. Tapi menurut saya, dokumentasi sejarah itu sangatlah penting walau hanya secuil.

Konon, Fadli Zour menciptakan Mars Tanah Bumbu karena permintaan H. Zairullah Azhar menyusul pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu pada 8 April 2003. Untuk diketahui, Zairullah saat itu masih menjabat sebagai Pejabat Sementara Bupati Tanah Bumbu.

Tetapi, tidak banyak yang mengetahui jika notasi dan susunan lirik Mars Tanah Bumbu sudah diciptakan Fadli Zour jauh sebelum pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu pada 8 April 2003. Menurut penuturan beliau, notasi lagu tersebut tercipta dalam waktu kurang lebih satu jam.

Terbentuknya Kabupaten Tanah Bumbu memang sangat kental dengan perjuangan beberapa tokohnya. Selain itu, citra kota Pagatan sebagai kota perjuangan juga tidak dapat dilepaskan begitu saja. Tidak heran, Mars Tanah Bumbu memiliki lirik yang amat lugas dan penuh dengan semangat persatuan dan kesatuan.

Menurut Fadli Zour, hal inilah yang melatarbelakangi terciptanya lirik lagu Mars Tanah Bumbu.  Mars Tanah Bumbu tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan Kabupaten Tanah Bumbu.

Lagu ini sudah sangat melekat, dan secara simbolik, lagu ini merepresentasikan nilai-nilai perjuangan dan semangat untuk terus melakukan pembangunan. Pesan moral yang terkandung didalamnya juga selalu memberikan inspirasi bagi masyarakat Tanah Bumbu.

Penghargaan tertinggi memang pantas diberikan kepada Fadli Zour, sebagai pencipta Mars Tanah Bumbu. Dipilihnya lagu ini sebagai lagu wajib dalam festival musik daerah yang digelar di Panggung Seni Pagatan, Sabtu (31/10/2015) merupakan salah satu penghargaan pemerintah daerah kepada Fadli Zour.

Mars Tanah Bumbu
Fadli Zour

Suara gemuruh dan gempita
Menyambut tibanya hari bahagia
Kini telah lahir dan menjelma
Tanah Bumbu bumi yang tercinta

Bersyukur pada yang kuasa
Demi semangat juang bersama
Marilah kita bergandeng tangan
Melangkah maju kedepan

Mari singsingkan lengan bajumu
Siapkan sikap tenagamu

Bekerja kita bekerja
Bekerja demi bahagia
Untuk masa depan kita semua
Tanah Bumbu pasti Jaya

Bulatkan tekad kita semua
Membina bumi kita yang kita cinta
Melangkah terus ke tujuan
Harapan kita dimasa depan

Eratkan persatuan
Dengan tekad persaudaraan
Aman sentosa kita harapkan
Menuju kebahagiaan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s