Komunitas Bagang Sastra Kenalkan Kain Tenun Pagatan di Tifa Nusantara 3


Salah satu anggota Komunitas Bagang Tanah Bumbu, Fauzi Rohmah, mengalungkan kain tenun Pagatan kepada Hajriyansyah, salah satu sastrawan dan penulis di Kalimantan Selatan.
Oleh M Johansyah

Tifa Nusantara 3 di Marabahan Kabupaten Barito Kuala berlangsung meriah dan mendapat sambutan yang sangat antusias oleh seluruh peserta yang berjumlah kurang lebih 251 orang. Perhelatan akbar sastrawan se Indonesia yang dihadiri pula peserta dari negara tetangga, Malaysia, Thailand dan Brunai Darussalam menjadi salah satu event bergengsi yang tidak dilewatkan hadirnya oleh seluruh insan seniman se nusantara. Kegiatan yang digelar mulai tanggal 28, 29 dan 30 Oktober 2016 tersebut telah menyatukan sebuah kebersamaan dalam memandang luasnya negeri nusantara tercinta. Dimana pada kegiatan ini pula, pada saat yang sama telah dilounching buku antologi “ IJE JELA “. Dilounchingnya bantologi ini membuat ikatan batin semakin mendalam bagi seluruh peserta.

Hal yang menggembirakan, yaitu dari 1.713 naskah puisi yang masuk ke tim kurator yang terdiri dari Syarkian Noor Hadie, Roeck Syamsuri Sabri, He Benyamine, Micky Hidayat dan Ali Syamsuddin Arsi (Ali Arsy) telah terpilih 251 penulis puisi yang tersebar dari seluruh Indonesia dan negera – negara tetangga. Betapa ini menjadi barometer sekaligus indikator yang dapat dibanggakan bagi dunia sastra, bahwa Tifa Nusantara 3 dan Tifa Nusantara sebelumnya telah memberi ladang subur untuk mewadahi para sastrawan untuk berkarya dan terus menggali ide – ide spektakuler yang tiada akan habisnya dalam menatap Indonesia masa lalu, masa kini dan masa yang akan datang.

Patut dicatat dan diapresiasi pula dari 251 karya puisi tersebut terdapat 7 nama dari Kabupaten Tanah Bumbu bersama judul puisi yang lolos. Diantaranya yaitu: Andi Jamaluddin AR AK’Jarak Fajar’ (Mencoba Menemukan Jejak Pada Arus Air Sungai), M Johansyah (Jejak Hujan Di Belukar), Tato A. Setyawan (Bulan Maret), Mahda Emjie (Wanita Trumbu Karang), Rind Dea Putri (Melamar Rawi), Fauzi Rohmah (Duka) dan Ainun Jariah (Hujan).

Dari kiri : Abdul Karim, M Johansyah, Zulfaisal Putera

Dari kiri : Abdul Karim, M Johansyah, Zulfaisal Putera

Sebagai sebuah catatan penting pula, disamping membukukan 7 puisi dari penyair Tanah Bumbu pada
kesempatan yang berharga tersebut Komunitas Bagang Sastra Tanah Bumbu turut aktif dan bangga memperkenalkan “Tenun Pagatan” yang menjadi kekayaan tradisi yang dapat menguatkan pengenalan pada potensi daerah. Sudah saatnya pula pada setiap event kegiatan, baik yang berskala nasional maupun daerah dijadikan moment untuk mengangkat kearifan lokal, khususnya peran dari sebuah cinderamata yang menjadi ciri khas daerah. Dengan bentuk yang sangat kecil. Dan apalah arti sebuah ‘syal’ yang lingkarkan di leher para peserta Tifa Nusantara 3 di Marabahan, Barito Kuala. Hanya berbekal lembaran kecil seukuran 15 centimeter x 100 centimeter; itulah yang dibawa tim Bagang Sastra Kabupaten Tanah Bumbu. Lalu disematkan pula logo “Komunitas Bagang Sastra” pada sudut kainnya. Dan souvenir dari bahan kain ‘Tenun Pagatan” itu membuat decak kagum seluruh seniman yang berhadir pada Tifa Nusantara 3.

Dua pentolan Komunitas Bagang Sastra Tanah Bumbu, Andi Jamaluddin dan M Johansyah

Dua pentolan Komunitas Bagang Sastra Tanah Bumbu, Andi Jamaluddin dan M Johansyah

Sebagian menanyakan dan terus ingin tahu : Dimana letak Tanah Bumbu itu ? Dan apa saja potensi yang ada disana ? Banyak lagi pertanyaan yang kamipun kewalahan menjawabnya. Bahwa sebagai wakil daerah yang membawa misi daerah secara khusus sudah selayaknya dihargai, sekecil apapun itu. Kalau untuk mengenalkan dan menceritakan Kabupaten Tanah Bumbu adalah satu kewajiban dan merupakan tanggungjawab sebagai rasa cinta penuh bangga pada daerah ini.

Pada akhir pentas akbar temu sastrawan se Indonesia pada Tifa Nusantara 3. Tim Bagang Sastra Tanah Bumbu berkesempatan mengalungkan cinderamata pada Bupati dan Ibu Bupati Kabupaten Barito Kuala. Sampai bertemu lagi pada Tifa Nusantara 4 !

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s