Kantor Bupati “Hilang” Ditelan Asap


image

Kantor Bupati Tanah Bumbu tertutup kabut asap Jumat (23/10/2015) pagi.

Puja Mandela

BATULICIN – Bencana kabut asap akibat pembakaran lahan dan hutan yang menyelimuti pulau Kalimantan dan sebagian Sumatera pada bulan Oktober 2015 ini memang berdampak luar luar biasa.

Tak hanya di Kalimantan Tengah dan Sumatera,  kabut asap tebal juga menyelimuti sebagian besar wilayah tenggara Kalimantan, tepatnya di Kabupaten Tanah Bumbu. Bahkan Kantor Bupati Tanah Bumbu “hilang” ditelan asap, Jum’at (23/10/2015) pagi.

Kondisi ini dapat dilihat dari foto diatas. Foto tersebut diambil seorang warga saat melintasi ruas Jalan Dharma Praja Gunung Tinggi. Warga yang melintasi ruas jalan tersebut harus ekstra waspada.

Selain karena jarak pandang yang terbatas, tebalnya kabut asap juga sangat mengganggu pernafasan. Bagi mereka yang memiliki kondisi kesehatan prima, menggunakan masker sudah cukup membantu.

Namun bagi masyarakat yang memiliki riwayat penyakit pernafasan atau paru-paru, saya sarankan untuk menunda melintasi kawasan ini pada pagi hari. Hal ini juga berlaku untuk sejumlah kawasan lain yang terpapar kabut asap.

Kawasan Gunung Tinggi Kabupaten Tanah Bumbu menjadi salah satu wilayah terparah yang terpapar kabut asap. Meski tak separah di Kalteng atau di Riau, namun kabut asap ini sangat meresahkan masyarakat setempat.

Sejauh ini, pemerintah setempat sudah berupaya meminimalisir penyebaran kabut asap. Namun upaya ini tak sepenuhnya berhasil.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s