Selamat Ulang Tahun Mbah John…!


image

Ah, sampai lupa kalau hari ini adalah hari kelahiran salah satu musisi favorit saya, siapa lagi kalau bukan John Winston Ono Lennon. John Lennon lahir di Liverpool pada 9 Oktober 1940 dan meninggal pada 8 Desember 1980 di usia 40 tahun.

Hingga akhir kematiannya, John Lennon memang sangat dikenal karena kesuksesannya yang tidak biasa bersama The Beatles. Karir solonya pun tak kalah hebat, justru orang-orang awam di Indonesia lebih mengenal lagu Imagine dibandingkan lagu-lagunya saat bersama The Beatles seperti Strawberry Fields Forever, In My Life atau Lucy In the Sky With Diamond.

Di era 1970-an, John Lennon berhasil melepaskan diri dari bayang-bayang The Beatles. Ia berhasil mengembangkan mazhab sendiri dalam bermusik setelah banyak berguru dari banyak musisi lain. Karya-karya solo John Lennon bisa dibilang tidak bisa diterima oleh mayoritas masyarakat seperti halnya karya Paul McCartney yang lebih nge-Pop.

Karya-karyanya lebih digemari oleh aktivis perdamaian dan segolongan masyarakat sayap kiri. Tidak bisa dipungkiri, sifat pemberontak John Lennon semakin memuncak saat ia bertemu dengan Bob Dylan di pertengahan 1960-an. Dylan mempengaruhi banyak hal, dari narkotika sampai penulisan lirik lagu yang memuncak pada awal 1970-an.

Ia sangat kritis terhadap Presiden Amerika Serikat Richard Nixon yang mengirim banyak prajurit untuk berperang ke Vietnam. Banyak lagu-lagunya yang secara eksplisit membicarakan politik pada saat itu. Pada 1975, John Lennon sempat rehat dalam bermusik karena sedang asik mengurusi anak keduanya Sean Lennon.

John memiliki gairah baru di dunia musik. Album baru Double Fantasy diluncurkan pada 1980. Single Just Like Starting Over bertengger di papan atas tangga lagu. Berbagai rencana tour pun sudah dijadwalkan. Tapi sayang, belum sampai rencananya terwujud, John ditembak Mark David Chapman, seorang penggemar fanatiknya. Empat kali tembakan bersarang ditubuhnya hingga tewas sebelum sempat dilarikan ke rumah sakit.

Walau bagaimanapun, kontribusi John Lennon terhadap dunia musik populer memang tak terbantahkan. Seluruh dunia tidak akan pernah melupakan John Lennon dan Paul McCartney yang dinobatkan sebagai duet penulis lagu terbaik sepanjang masa. Menurut saya, John Lennon mewakili sisi artistik dan karismatiknya The Beatles, sementara komersialnya The Beatles karena peran besar Paul McCartney.

Satu komentar populer-nya yang sampai hari ini mungkin tidak akan pernah dilupakan saat ia menyebut The Beatles lebih populer daripada Yasus Kristus. Banyak sisi lain yang tidak bisa saya sampaikan disini (mungkin lain waktu). Bagi saya, spirit rock n roll sampai hari ini ada pada John Lennon. Ia akan tetap abadi. Dunia akan selalu mengenangmu. Selamat ulang tahun mbah John….!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s