Karisma


image

Oleh Puja Mandela

Mayoritas rakyat Indonesia mungkin sepakat jika presiden pertama Republik Indonesia Ir Soekarno adalah sosok yang paling dirindukan ditengah kondisi yang tak menentu seperti sekarang ini.

Silahkan tanyakan ke sepuluh orang, minimal ada tujuh orang diantaranya yang merindukan sosok seperti Soekarno yang dikenal sebagai pemimpin flamboyan, cerdas, tegas dan karismatik. Ia dihormati baik kawan maupun lawan. Ia juga dicintai mayoritas rakyatnya.

Keberaniannya saat menentang Inggris dan Amerika Serikat dan memboikot segala hal yang berbau kebarat-baratan merupakan salah satu alasannya. Tidak mungkin kan pemimpin mencla-mencle berani bersikap demikian?

Soal mencla mencle, menurut saya beliau adalah sosok pemimpin yang paling buruk jika disuruh berakting seperti itu. Beliau juga tidak bisa dipaksa menjadi tokoh yang cengengesan atau bertingkah pecicilan. Bisa dibayangkan kalau Indonesia merdeka dibawah pemimpin yang pecicilan. Dikit-dikit kesandung, dikit-dikit nendang gelas. Khan bisa repot.

Dan yang jelas Republik Indonesia saat itu tidak akan mungkin menjadi negeri yang dihormati dan dipandang oleh negara-negara lain di dunia jika pemimpin nomor satu di negaranya tidak memiliki satu hal yang disebut karisma.

Idealnya, kharisma harus dimiliki oleh seorang pemimpin. Baik itu pemimpin tertinggi negara, maupun pemimpin setingkat gubernur, walikota maupun bupati. Bahkan seorang kepala desa dan ketua rukun tetangga, akan mudah dilecehkan masyarakat jika tak punya satu hal yang bernama karisma.

Bisa dipastikan, seseorang yang begitu histeris saat melihat artis dangdut tingkat nasional bukanlah calon pemimpin yang bisa mengayomi rakyatnya. Seseorang yang berupaya untuk foto bersama dengan seorang tokoh terkenal di Indonesia juga bukan pemimpin ideal.

Calon pemimpin tanpa karisma akan berupaya menembus barikade pengawalan presiden hanya untuk sekedar bersalaman, foto atau selfie bersama dan kemudian mempublikasikan foto tersebut untuk dijadikan alat kampanye.

Sudahlah! Anda tak perlu mencoba-coba menghayal tentang itu. Saya  hanya berandai -andai.

Oh iya… Saya ingat kata pepatah, kharisma tak dapat dibeli. Kharisma tak dapat diupayakan. Seseorang tidak bisa bercita-cita menjadi manusia yang karismatik. Berapapun uangmu, walaupun helikopter tumpanganmu, kalau tak punya satu hal yang bernama karisma, maka tak ada jiwa kepemimpinan didalam hatimu.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s