Hoax, Beatles Terinspirasi Tielman Brothers


Sampul album Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band

Oleh Puja Mandela

Begitu banyak tulisan didunia maya tentang The Beatles yang “terinspirasi” oleh band yang disebut-sebut merupakan band Indo Rock campuran Belanda-Indonesia, siapa lagi kalau bukan The Tielman Brothers.

Banyaknya artikel hoax tekait hal tersebut di internet sedikit banyak cukup mengganggu saya.

Di puluhan atau bahkan ratusan artikel tersebut tertulis bahwa The Beatles ternyata terinspirasi dari band Indonesia The Tielman Brothers. Lagi-lagi masyarakat Indonesia terlihat seperti orang yang ingin numpang populer di mata dunia.

Bahwasanya Paul McCartney pernah melihat atraksi dari The Tielman Brothers di Jerman memang dari sebagian kalangan pemerhati musik membenarkannya. Karena pada saat itu seluruh band yang tampil juga beratraksi sama dengan Tielman Brothers termasuk The Beatles.

Namun menyebut The Beatles terinspirasi The Tielman Brothers menurut saya merupakan suatu hal yang salah kaprah. Apalagi di sejumlah artikel disebut kalau gara-gara The Tielman Brothers-lah The Beatles itu dibentuk.

Padahal sudah jelas bahwa The Beatles dibentuk karena sangat terinspirasi oleh musisi-musisi Amerika seperti Elvis Presley dan Chuck Berry. Menurut saya ini jelas merupakan informasi yang menyimpang dan sudah kebablasan. Parahnya lagi, kesalahan ini terlalu dibesar-besarkan oleh kaum awam.

Website yang menulis artikel tersebut pun kebanyakan hanya copy paste tanpa ada upaya melakukan konfirmasi kepada pakar atau ahli sejarah musik yang kompeten.

Menurut saya, istilah terinspirasi khususnya didalam dunia musik populer biasanya dinisbatkan untuk seorang musisi yang mengambil cara membuat nada atau lirik dalam sebuah lagu dari musisi lainnya. Biasanya, musisi yang menjadi inspirator merupakan musisi yang lebih dahulu berkecimpung di dunia musik.

Sebut saja John Lennon di awal karirnya yang begitu terinspirasi oleh musik rock n roll dari Elvis Presley, Chuck Berry serta beberapa penyanyi asal Amerika. Dalam perjalanan karirnya, John Lennon juga sangat terinspirasi dari penyanyi Folk Amerika Bob Dylan. Dari Bob Dylan inilah, lirik-lirik lagu yang digubah Lennon berubah drastis dan tidak melulu berbicara soal I Love You, I Need You dan I Miss You.

Kemudian, Eric Clapton yang walaupun secara tidak langsung, namun dialah yang membuat Jimi Hendrix datang ke daratan Inggris dan kemudian menjadi gitaris hebat dan melegenda. Kemudian, pada tahun 1966 Brian Jones gitaris The Rolling Stones yang menggunakan alat musik Sitar di lagu Paint It Black karena terinspirasi dari George Harrison yang sudah menggunakannya di lagu Norwegian Wood (Rubber Soul, 1965).

Contoh lainnya dalam hal penulisan lagu. Sangat banyak lagu-lagu The Beatles di periode awal yang mencomot komposisi dari Elvis Presley atau Chuck Berry. Satu contohnya di lagu Come Together (Abbey Road, 1969) yang bisa dibilang memiliki kemiripan dengan lagu You Can’t Catch Me dari Chuck Berry.

Bagi yang belum pernah mendengarkan, silahkan simak lagu Chuk Berry tersebut dan bandingkan dengan Come Together milik The Beatles.

Hal ini berbeda dengan kasus “The Beatles terinspirasi The Tielman Brothers, sampai saat ini (setelah bertahun-tahun lamanya), saya tidak pernah menemukan satu lagu dari The Tielman Brother yang terkenal atau memengaruhi perkembangan musik rock n roll pada masanya seperti halnya lagu-lagu penyanyi rock n roll yang sudah saya sebutkan di atas.

Apalagi tidak ada keterangan langsung baik dari John Lennon, Paul McCartney, George Harrison atau Ringo Starr yang menyebutkan bahwa mereka sangat terinsipirasi oleh The Tielman Brothers. Yang saya tahu, justru Andi Tielman membantah langsung pemberitaan tersebut melalui Majalah Rolling Stone Indonesia.

Dengan demikian, dapat saya simpulkan bahwa pemberitaan yang menyebut The Beatles terinspirasi oleh The Tielman Brothers adalah hoax belaka dan sengaja dibesar-besarkan oleh mayoritas awam Indonesia yang ingin numpang tenar dibalik popularitas The Beatles.

23 pemikiran pada “Hoax, Beatles Terinspirasi Tielman Brothers

  1. Lagu michelle berbahasa german ; lagu ini dipopulerkan di german waktu mereka mulai berkarier di night club german 1958. sementara michelle’nya the beatles dengan nuansa prancis release tahun 1965.

    Cobalah ngobrol dengan orang belanda kelahiran 60-an, mereka mungkin bakal berasa cupu kalo sampai dianggap gak tau tielman brother

    Sayangnya puncak carrier The Tielman Brother cuma beberapa tahun, ditahun 60-an.
    dijaman warna kulit bisa jadi alasan orang barat sepenuhnya bisa bersikap seenaknya. Chuck Berry, dan banyak musisi kulit hitam mengalami perlakuan yang sama, cuman kalo kayak opa Chuck memang patut diakui ketangguhannya diantara yang lain.

    Oya ada juga lagu the tielman brother, kayak; exodus, panon hideung aka black eyes, yang pasti bakal familier ditelinga agan.

    Just Share gan

  2. Masalahnya media yang sangat mendominasi saat itu hanya UK dan USA.
    belum lagi kepentingan bisnis yang sangat perlu mereka pertahankan,
    akhirnya sahut menyahut hanya terjadi antara 2 kutub music itu saja,

    Secara instant apa yang berkembang dari kedua negara tersebut sudah terlanjur dianggap sejarah. Bayangkan jika seorang Chuck Berry berkulit putih di Amerika, apa mungkin seorang Elvis Presley jadi King of Rock dari Amerika? betul2 meluruskan semua itu sama saja dengan membuka luka lama soal perbedaan warna kulit yang akan sangat memalukan.

  3. Kalau saja anda pemerhati sejarah,dsitu sangat jelas tahun kelahiran the tielman berother jauh sebelum roliing stone,elvis p,maupun the beatles
    kalo anggapan org banyak bilang the beatles tersinspirasi the tielman bukan hal yg salah.inspirasi/influes di mata pengamat musik bukan hanya meniru 1/2/3 buah lagu di musisi tsb.kalo di jamaan saat itu music rock n roll buming terus the beatles lahir dengan karya yg meledak .,the tielman lah yg nunjukin pertama musik itu.

  4. Dari tahun kelahiran jauh sebelum elvis p ataupun the beatles
    masalah inpisrasi org banyak beranggapan berbeda2
    maslah influens/inspirasi di dlm dunia musik bukan hanya kemiripan lagu aja
    pada saaat itu rock n rol mendunia setelah the beatles menjual album pertma berjuta keping
    yg jd pertanyan apa iya the tielman yg lahir duluan sblum mereka ga jadi influens bermusik mreka?
    Jawabanya sudh pasti iya
    jauh sblm roling stone/elvis p
    the tielman di tahun 1950an nya mencoba rock n roll untuk di perkenalkan ke dunia walaupun umur mereka ga bertahan lama di dunia musik

  5. Gatau sejarah sii:((

  6. Ini agan yang punya blog kayak nya anak kemarin kelahiran 90an ato 2000an deh. Coba tunjukin band rock n roll yang satu masa ama TB yang terkenal didunia sebelum elvis dan the beatles!!!…. Bingung khan???

  7. Tolonglah kalian ini

    Gini aja deh, kalo memang TB lebih dulu ada dibanding The Beatles, terus kenapa?

    Itu pandangan yang yang agak sempit, seakan-akan bilang kalau Indonesia merdeka semata-mata karena ada negara sebelumnya merdeka duluan.

    Tentu ada proses, tentu banyak faktor pendukung, dan paling penting pengaruh. Tapi pengaruh yang seperti apa? Jelas saja yang paling dekat.

    Sifatmu kebanyakan pasti mirip orang tua atau teman-teman pergaulan. Itu karena kalian secara tidak langsung terpengaruh dengan pengaruh yang dekat. Andai saja kalau kmu jarang ketemu atau interaksi dengan orang tuamu atau teman-teman yang tadi, meskipunmereka telah ada lebih lama dari kamu tidak akan mempengaruhimu secara sifat.

    Sama juga dengan Tge Beatles. Sekarang keterkaitannya di industri musik Inggris saat itu apa? Nyaris tidak ada. Bagaimana dengan band lain selain The Beatles? Ada yang pernah merasa terinspirasi dari mereka? Kalau ada tolong beritahu saya, karena saya juga sama-sama bloon. Mungkin kalian yang lebih tahu soal ini, tapi saya sejauh ini cuma menggunakan common sense saja.

    Tidak ada maksud untuk menjatuhkan siapapun terkait opini ini. Saya menghormati reputasi TB di kancah musik jaman itu. Justru daripada ribut soal beginian lebih baik kalian lihat apakah musik Indonesia jaman sekarang akan bisa berpengaruh dan menginspirasi band lain untuk bermusik lebih baik? Eh memangnya ada band di Indonesia saat ini. Paling cuma bergeliat di kancah indie …

  8. Hallo saya Wendi Putranto dari Rolling Stone Indonesia. Cuma ingin menyatakan kalo saya setuju dengan opini dari penulis di blog ini. The Beatles memang tidak pernah terinspirasi dari The Tielman Brothers. Saya bertemu dan mewawancara langsung Andy Tielman ketika beliau mudik ke Jakarta pada 2008 dan ia mengonfirmasi bahwa tidak pernah ada itu pernyataan tentang 1) The Beatles menyaksikan konser The Tielman Brothers di Hamburg, apalagi, 2) The Beatles terinspirasi The Tielman Brothers. Andy sendiri mengaku bahwa ia hanya mendengar pernyataan itu dari orang-orang saja, tidak pernah ada satu anggota The Beatles pun yang menjelaskan atau berbicara dengannya secara langsung tentang hal tersebut. Setidaknya dua kali saya menanyakan tentang hal ini ke Andy Tielman, pertama ketika wawancara jarak jauh via telepon dan kedua ketika ia datang ke Jakarta, jawabannya selalu sama dan konsisten, “tidak benar itu,” katanya. Jadi jelas, The Beatles terpengaruh oleh Chuck Berry, Elvis Presley dan beberapa rock & rollers USA era-’50-an. Semoga klarifikasi ini membantu dan kita tidak menjadi GR adanya. Terima kasih.

    • Terimakasih mas Wendi. Semoga komentar mas Wendi bisa membantu meluruskan berita hoax yg sudah terlanjur dipahami sebagai fakta sejarah. Salam

  9. Gitaris The Beatles, George Harrison dalam salah satu wawancara dengan majalah Rolling Stone ketika mengingat karir awal band mereka di Hamburg, Jerman bahkan sempat memuji Andy Tielman sebagai “Andy, the Indo-man” setelah menyaksikan hebatnya atraksi The Tielman Brothers.

    • Informasinya darimana? Coba Anda baca komentar di atas. Wartawan Majalah Rolling Stone sudah dua kali menanyakan soal ini. Dan Andi Tielman membantah bahwa Beatles terinspirasi Tielman Brothers.

  10. Bukan untuk diperdebatkan…tapi harus diakui TB sudah bawa nama indonesia.dijaman itu sudah band internasional,saya sependapat dengan yg nulis beatles gk ada hubungannya dngn TB,itu logis.tp yg nulis terkesan memojokan TB seolah gak ada kualitas,nt blm bisa sehebat TB……

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s