Jiwa Rock N Roll Noel Gallagher


Noel Gallagher

Oleh : Puja Mandela

Noel Gallagher,lahir 29 Mei  1967 di Long Sight Manchester Inggris adalah seorang gitaris dan penulis lagu dari band brit pop asal Inggris Oasis yang populer pada era 90an. Saat ini, penggemar berat The Beatles itu sedang bersolo karir dibawah bendera Noel Gallagher High Flying Birds.

Noel Gallagher lahir disaat John Lennon bersama The Beatles berada dipuncak tertinggi karir bermusiknya. Tahun 1967 adalah tahun peluncuran album Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band yang hingga kini masih diakui sebagai salah satu album terbaik sepanjang masa yang mempengaruhi perkembangan beberapa jenis musik sekaligus.

Pada 2009, Oasis yang diimpinnya terpaksa bubar karena Noel dan adiknya Liam Gallagher sering terlibat pertengkaran. Kemudian Liam membentuk Beady Eaye bersama mantan personel Oasis lainnya dan Noel memilih bersolo karir.

Mungkin benar, jika saat ini banyak kalangan yang menilai, dunia musik sudah kehilangan daya tarik lantaran tidak lagi memiliki sosok idola kontroversial dan berjiwa rock n roll seperti yang dahulu pernah dilakukan oleh John Lennon, Bob Dylan, Mick Jagger,  Brian Jones, Jimi Hendrix, Freddie Mercury , Jim Morrison,  Kurt Cobain, Axl Rose dan bintang Rock lainnya. Karena tanpa sosok-sosok kontroversial tersebut, dunia musik akan terasa hambar dan terlihat lempeng-lempeng saja.

Nyaris tidak ada lagi musisi yang sering mengeluarkan gagasan-gagasan dan pernyataan yang menyedot perhatian begitu banyak orang.  Namun Noel Gallagher adalah pengecualian yang mencolok.

Noel adalah seorang musisi yang tidak hanya mencipta lagu, mengadakan konser raksasa yang dikunjungi ratusan ribu penggemar, lalu menikmati hasilnya. Dia lebih dari itu, Noel adalah sosok berkharisma yang juga sangat kontroversial dan sering sekali mengeluarkan pemikiran dan pernyataan aneh, walaupun tentu saja tidak ekstrim dan seradikal John Lennon.

Diluar dari perilakunya yang begitu akrab dengan dunia malam dan narkotika, Noel Gallagher adalah seorang musisi yang disegani oleh musisi-musisi lain. Tidak sedikit musisi lain yang memujinya setinggi langit karena kesuksesannya bersama Oasis pada era 90an. Salah seorang personil Smashing Pumpkins pernah mengatakan kepada media, kalau Oasis yang dipimpinnya adalah band terbaik setelah The Beatles. Noel juga disebut sebut sebagai penulis lagu terbaik pada zamannya.

Kakak kandung Liam Gallagher ini sering sekali mengeluarkan statemen kritis yang sifatnya menghujat sesuatu yang tidak ia sukai. Dia terkesan sombong dan angkuh, namun dia selalu bersikeras akan tetap menyukai The Beatles sampai kapanpun.

Dia tidak terlihat sebagai musisi yang biasa-biasa saja, dia lebih mirip dengan John Lennon, lebih tepatnya John Lennon masa kini.Beberapa sisi dari Lennon ada dalam dirinya. Kebetulan atau tidak, Noel adalah seorang penderita dyslexia atau kelainan pada otak yang juga diderita oleh John Lennon, dan hingga saat ini dia sangat kesulitan untuk mengeja kalimat yg memiliki lebih dari 6 kata.

Beberapa lagu yang dia buat, terinsipirasi dari lagu-lagu The Beatles dan lagu karya John Lennon seperti Dont Look Back in Anger yang intronya sengaja dibuat mirip dengan Imagine. Noel juga dengan sengaja menjiplak lagu The Beatles yang berjudul With A Little Help From My Friends yang terdapat pada album Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band (1967) untuk mengisi bagian akhir lagu She’s Electric.Noel juga menjadikan rumah John Lennon sebagai cover single Live Forever.

Tak hanya itu, Noel kerap memasukkan judul lagu The Beatles kedalam lirik lagu Oasis. Pada lagu D’you know what I mean yan, Noel sengaja memasukkan lirik lagu The Beatles Fool On The Hill yang direkam pada 1967.

Kemudian, dilagu Go let it out, pada awalnya lagu tersebut seperti sangat lambat, dan hampir terlihat seperti lagu dari John Lennon, tapi kemudian Noel mengubahnya menjadi lebih cepat dari sebelumnya. Dalam pembuatan lagu tersebut Noel memainkan bass seperti permainan bassis The Beatles Paul McCartney, dan banyak memakai instrumen era 60an.

Hal tersebut semata-mata hanya untuk menghormati musisi yang sudah sangat mempengaruhi jiwanya sebagai seorang musisi. Hingga kini, Noel masih sering menyanyikan lagu-lagu The Beatles disaat konser.

Selain Lennon, Noel juga mengaku sangat menyukai Kurt Cobain. Menurutnya, ada beberapa kesamaan antara dirinya dengan pentolan Nirvana itu. Dia juga sangat berharap bisa bertemu dengan Kurt Cobain. Noel juga memuji album Nevermind yang diluncurkan Nirvana pada awal 90an dan memuji, sound dari album Nevermind akan bertahan lama.

“Saya selalu memiliki ketertarikan dengannya. Dia kidal, bermata biru, seorang Gemini dan mencintai The Beatles seperti saya. Saya akan sangat senang jika punya kesempatan untuk bertemu dengannya,”ungkap Noel, seperti dilansir NME (4/10/2011).

Namun diluar pujiannya terhadap musisi-musisi idolanya, Noel merupakan sosok yang sangat kritis terhadap musisi – musisi lain. Tidak sedikit musisi yang mendapat kritik pedas dari pencipta lagu Wonderwall ini.

Sebelumnya Noel pernah menuding, Lady Gaga sudah mencuri konsep Madonna dan menilai bahwa musik Lady Gaga tak akan abadi karena menurutnya Lady Gaga tidak mengutamakan musikalitas, namun hanya mengandalkan sisi kontroversinya. “20 tahun dari sekarang, apakah ada yang mendengarkan lagu Lady Gaga? Tidak!”ucap Noel.

Tak hanya Lady Gaga yang jadi korban seorang Noel Gallagher. Musisi-musisi seperti Blur, Jay Z, Muse, Radiohead, Cold Play, Kasabian, Artic Monkeys, Green Day dan Foo Fighters juga jadi korban. Bahkan dia juga sering mengkritik band nya sendiri, Oasis. Dia mengaku jijik jika mendengarkan album ketiga dan keempat Oasis.

Menurutnya, pembuatan album ketiga dan keempat Oasis, Be Here Now dan Standing On The Shoulder Of Giants kurang dijiwai dan tidak ada semangat didalamnya. Noel pun mengaku tidak pernah mendengarkan kedua album tersebut sampai sekarang.

Namun saat diwawancarai oleh sejumlah media, Noel pernah mengatakan, bahwa album solo pertamanya adalah Definitely Maybe (1994) dan Morning Glory (1995). Padahal keduanya adalah album dirinya saat masih Oasis. Selain itu dia juga pernah mengatakan kalau dirinya dilahirkan sebagai personel The Beatles, dirinya lebih memilih menjadi George Harrison dari pada menjadi seorang John Lennon.

Begitulah Noel Gallagher, dia akan memuji sesuatu yang dia anggap bagus, dan akan mengkritik secara frontal sesuatu yang tidak ia sukai. Namun diluar itu dia adalah sosok musisi yang kharismatik yang meneruskan perjuangan musisi-musisi legendaris di era sebelumnya. Dia bukan lagi seorang personel Oasis yang dahulu memegang gitar dan berdiri diatas panggung dengan disaksikan 250 ribu penonton. Saat ini, Noel Gallagher mencoba keluar dari bayang-bayang itu dengan nama baru dan musik yang baru, Noel Gallagher High Flying Birds.(pjm)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s