Review Singkat “Negeri Ini Memang Kaya (Bung Karno)”


Belakangan ini, saya sering sekali melihat posting-posting terkait dengan lagu-lagu Iwan Fals yang tidak beredar di Industri rekaman, atau bisa dibilang, lagu-lagu tersebut tidak dijual di pasaran.

Terakhir, saya melihat ada posting dari Youtube dimana pada saat itu bang Iwan sedang melakukan tour konser di salah satu kota besar di pulau Jawa, saya tidak ingat persisnya dimana, namun saya cukup terkejut ketika mendengarkan lagu tersebut yang oleh bang Iwan diberi judul “Negeri Memang Kaya”.

Konon, saat menciptakan lagu tersebut Iwan Fals terinspirasi dengan Presiden pertama Indonesia, siapa lagi kalau bukan Presiden Soekarno. Saat itu, bang Iwan sedang mengunjungi makam Soekarno di daerah Blitar Jawa Timur. Dari sana lah lagu “Negeri Memang Kaya” itu tercipta.

Didalam lagu itu, Iwan Fals mengisahkan bagaimana Indonesia sebenarnya memiliki kekayaan yang begitu melimpah, namun dibalik itu Indonesia juga memiliki berjuta-juta masalah. Dan dalam lagu tersebut, bang Iwan yang sudah menginjak usia setengah abad itu menyebutkan, bahwa Indonesia kaya alamnya, kaya budayanya, kaya pejabatnya namun juga kaya akan penjahatnya.

Dari segi musikalitas, saya sendiri cukup terkejut dimana Iwan Fals masih bisa menyuguhkan lagu yang bagus bahkan nyaris setara dengan lagu-lagu Iwan Fals pada periode 80an. Dengan sedikit aroma blues pada bagian awal lagu dan pop balada khas Iwan Fals pada bagian reffrain, lagu ini memang layak untuk menjadi lagu andalan Iwan Fals di masa sekarang ini. Namun, cukup disayangkan karena lagu ini tidak dijual dipasaran dan hanya dinyanyikan pada saat konser saja.

Menurut saya, dengan kondisi industri musik Indonesia yang masih begitu-begitu saja, tidak ada salahnya kalau manajemen Iwan Fals dalam hal ini PT.Tiga Rambu, dapat memberikan kebijaksanaan untuk memproduksi lagu ini bersama dengan lagu-lagu Iwan Fals lain yang hingga saat ini juga tidak pernah beredar dipasaran.

Saya kira para penggemar bang Iwan di seluruh pelosok negeri juga mengharapkan hal yang sama, karena tidak semua penggemar tersebut bisa menonton konser Iwan Fals, dan dengan diproduksinya lagu-lagu yang tidak beredar itu, para penggemar setia Iwan Fals, atau biasa disebut sebagai falsmania dapat menikmati lagu-lagu dari legenda musik Indonesia yang oleh Majalah TIME juga dinobatkan sebagai pahlawan Asia.(pjm)

“Negeri ini memang kaya
Kaya orangnya, kaya binatangnya
Negeri ini memang kaya
Kaya alamnya, kaya budayanya
Negeri ini memang kaya
Kaya pejabatnya, kaya penjahatnya
Negeri ini memang kaya
Kaya idenya, kaya sejarahnya
Negeri ini memang kaya

Hei, Bung Karno…
Aku bersimpuh di makammu
Hei, Bung Karno…
Nyenyakkah tidur abadimu
Kudatang mengganggu istirahatmu

Negeri ini memang kaya
Kaya rakyatnya yang menangis diujung parang
Kaya harapan, kaya agamanya

Merah putih termangu
Terkulai berdebu dipojok gedung bekas penjajah
Pancasila meronta
Garuda tertatih melayang pergi
Negeri ini memang kaya

Hei, Bung Karno…
Aku bersimpuh di makammu
Sebarkan kembang ibu yang letih
Hei, Bung Karno…
Nyeyakkah tidur abadimu
Inikah nyanyian kecewa
Hei, Bung Karno…
Aku bersimpuh di makammu
Akankah kisahmu menjadi api
Hei, Bung Karno…
Nyenyakkah tidur abadimu
Dingin yang aneh menyiksa negeri

Merah putih termangu
Terkulai berdebu dipojok gedung bekas penjajah
Pancasila meronta
Garuda tertatih melayang pergi
Negeri ini memang kaya

Hei, Bung Karno…
Aku bersimpuh di makammu
Maafkanlah aku yang cengeng
Hei, Bung Karno…
Nyeyakkah tidur abadimu
Tularkan keberanianmu itu
Hei, Bung Karno…
Aku bersimpuh di makammu
Suaramu menggelegar di kalbu
Hei, Bung Karno…
Nyeyakkah tidur abadimu
Biarlah mimpi itu kan nyata

Negeri ini memang kaya
Kaya penguasanya yang miskin hatinya
Kaya marahnya Indonesia Raya
Negeri ini memang kaya”

 

3 pemikiran pada “Review Singkat “Negeri Ini Memang Kaya (Bung Karno)”

  1. wow… ngeri bangattt

Tinggalkan Balasan

