Penghayatan Ala John Lennon



John-Lennon-recording-“Tomorrow-Never-Knows”Mengapa John Lennon bisa menempati posisi 5 penyanyi terbaik sepanjang masa Majalah Rolling Stone dan menduduki peringkat pertama vokalis terbaik versi majalah Mojo di Inggris

Seberapa dahsyatnya sih vokal John Lennon, sehingga bisa begitu berpengaruh di dunia musik populer. Padahal jika didengarkan, suara pemimpin The Beatles ini tidak begitu istimewa, bahkan mungkin biasa-biasa saja. Jika dilihat, masih banyak penyanyi-penyanyi yang memiliki kualitas vokal lebih mumpuni dan luar biasa dibanding John Lennon.

Tapi disisi lain, dengan vokal “standarnya” justru menjadi kelebihan utama Lennon. Tidak kurang dari  Fredie Mercury, Kurt Cobain, Bono U2, Liam Gallagher Oasis, Neil Young, Stiven Tyler Aerosmith, Lady Gaga dan sebagian penyanyi lain begitu terpengaruh dengan Lennon. Sebagian besar musisi lain pun demikian dan menjadikan Lennon panutan dalam bermusik. Baik dari gaya hidup, gaya vokal maupun inovasi-inovasi musiknya.

Untuk diketahui, saking terpengaruhnya dengan John Lennon, beberapa musisi membuat suatu penghormatan untuk Lennon. Seperti Freddie Mercury yang membuat sebuah lagu berjudul Life is Real (song for Lennon). Lagu ini sengaja dibuat Freddie Mercury bersama Queen hanya untuk menghormati seorang John Lennon, yang telah mempengaruhi Queen hingga menjadi band besar. Selain itu, beberapa lagu Queen, juga sengaja dibuat mirip dengan lagu ciptaan Lennon. Penggemar Queen pasti tahu hal ini.

Sedangkan, Bono U2, Liam bersama Oasis, Bon Jovi, Aerosmith, dan beberapa musisi besar lain, kerap mengcover ulang lagu-lagu The Beatles dalam setiap konsernya. Bahkan, Lady Gaga yang terhitung pendatang baru di dunia musik populer, juga mengaku sangat terinspirasi John Lennon. Pada proses pembuatan album pertamanya, Lady Gaga sengaja mendengarkan “Abbey Road” selama enam bulan berturut-turut, hanya untuk mengikuti kedigdayaan “Abbey Road” yang legendaris itu.

Pernah dengar “Don’t Look Back in Anger” dari Oasis…? kalau pernah coba simak Intro lagu terbaik milik Oasis ini. Dan anda akan mendapatkan nuansa “Imagine” disana, persis dengan suara piano khas Lennon. Para penggemar The Beatles pasti tidak akan asing mendengarkan lagu ini, bahkan jika didengarkan dari awal hingga akhir lagu. Selain, “Imagine” nuansa “Something”, “Hey Jude”  dan “Watching the Wheels” juga ada pada lagu ini.

Pasti ada alasannya jika melihat banyaknya musisi yang mendapat pengaruh dari John Lennon. Beberapa waktu lalu, Majalah Rolling Stone, memilih empat buah lagu dengan vokal terbaik karya Lennon. Lagu-lagu tersebut antara lain, “I Feel Fine,” “Strawberry Fields Forever,” “Imagine,” dan “Instant Karma”. Dua buah lagu saat bersama The Beatles dan dua buah lagu lainnya saat Lennon bersolo karir yang membuatnya menduduki posisi 5 penyanyi terbaik sepanjang masa versi Majalah tersebut.

Apa yang istimewa…?

Salah satu kelebihan utama Lennon dalam bernyanyi yaitu, dia mampu menunjukkan kualitas suaranya dalam berbagai konteks, termasuk pada empat buah lagu diatas. “The more he developed as a writer, he was able to show his voice in various contexts,” tulis Majalah Rolling Stone. Bahkan, rekan duetnya saat bersama The Beatles, Paul McCartney tidak bisa sehebat Lennon dalam hal penghayatan lagu. Mungkin hal ini juga yang mempengaruhi Kurt Cobain, sehingga dia lebih menyukai Lennon dari pada McCartney. Meskipun saat di The Beatles, Paul McCartney menyanyikan lagu lebih banyak dibanding Lennon.

Seperti yang sudah ditulis di bagian atas tadi, salah satu kelebihan John Lennon dalam bernyanyi adalah, Lennon memiliki penghayatan yang tiada duanya dan vokalnya mampu bernyanyi menyesuaikan tema lagu yang ia ciptakan.

Tidak percaya…?

Coba dengarkan “I’m Only Sleeping”. Pada lagu ini, Lennon bernyanyi seperti orang mengantuk persis seperti saat dia berbaring di tempat tidur. Lagu ini juga menjadi salah satu puncak kehebatan penghayatan vokal seorang John Lennon. Sedangkan vokal telernya pada “Lucy in the sky with Diamond” (Sgt Pappers Lonely Hearts Club Band, 1967) benar-benar tiada duanya. Ya, lagu ini memang menceritakan tentang Drugs… Hebatnya, kedua lagu ini diciptakan pada tahun 1966 dan 1967…!

Rolling Stone menulis, ada kesendirian yang mendebarkan pada cara Lennon menyanyikan “A Day In The Life”. Penghayatannya pada “I’m So Tired” juga luar biasa, dia berteriak dan menyanyi seperti orang yang sangat kelelahan. Namun suara lembutnya yang padu dengan suara piano juga muncul pada lagu “Oh My Love” membuat siapapun yang mendengarkan hanyut terbawa suasana cinta lagu ini yang penuh dengan misteri.

Pada lagu “Mother” Lennon menghendaki dirinya untuk mengekspresikan rasa sakitnya. Mother/You had me/But I never had you.” It’s a crushing depiction that stays with you forever. Dia berteriak dengan kemarahan. Mama dont go/Daddy come home.

Saat Lennon menyanyikan Jealous Guy, dia seperti kesepian dan merasa sendiri. Dia juga menunjukkan lewat siulannya yang penuh harapan dan impian masa lalunya. “I was dreaming of the past/and my heart wast beating fast/i began to lose control/i began to lose control/ i did’n mean to hart you/i’m sorry that/ a made you cry/ i did’n wont to hurt you/i’m just a jealous guy.

Ketika Lennon menyanyikan “Imagine” , dia memiliki ide bahwa kerinduan terdalamnya untuk sebuah perdamaian dunia adalah hal yang nyata dan bisa diwujudkan, dan “Imagine” dinyanyikannya dengan keberanian. “That’s a song he made you want to sing (Itu lagu yang membuat Anda ingin bernyanyi) tulis Rolling Stone lagi.

Penghayatan yang luar biasa itu, juga ditunjukkan Lennon pada lagu klasiknya “Strawberry Fields Forever”. Lennon sedang mengenang masa kecilnya saat ia menyanyikan lagu ini. Saat kecil, Lennon sering bermain di sebuah taman Salvation Army dekat rumahnya di Woolton yang diberi nama ‘Strawberry Field’.Pada Strawberry Fields Forever, dia menyanyikan dengan suara sedihnya sembari mengenang masa lalunya yang suram dan penuh impian.

Tapi itu hal yang menakjubkan, dia selalu mengatakan kebenaran. Dia merasa dia punya hak untuk berbicara tentang apapun. Tidak seorang pun mengerti tentang cara sebenarnya yang dia lakukan, Lennon melakukannya sesuai dengan apa yang dirasakan dan apa yang dikatakannya.(pjm)

4 pemikiran pada “Penghayatan Ala John Lennon

  1. yer blues john yer blues

  2. Ping balik: engineer boots polyvore

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s