Bongkar, Lagu Terbaik Sepanjang Masa


Bongkar, lagu yang dilantunkan Iwan Fals dalam album Swami 1 yang dirilis pada 1989, terpilih sebagai lagu terbaik versi majalah Rolling Stone Indonesia.

Majalah musik tersebut

memilih lagu-lagu yang pernah menghiasi kancah musik Indonesia sejak tahun 1950-an hingga kini, dan akhirnya terkumpul ratusan lagu-lagu yang dirangkum dalam daftar “Rolling Stone – 150 Lagu IndonesiaTerbaik Sepanjang Masa”.

Dalam keterangan persnya, Rolling Stone mengaku cukup kesulitan untuk menyusun daftar ratusan lagu tersebut.

Di satu sisi, masih menurut majalah ini, bahkan terasa lebih membingungkan ketimbang menyusun “Rolling Stone 150 Album Indonesia Terbaik Sepanjang Masa”, yang juga pernah dibuat tim pemilih majalah ini. Pasalnya, untuk mempermudah dan menambah justifikasi atas kualitas maupun popularitas darisebuah karya, sejumlah elemen masyarakat harus dilibatkan dalam menyusun daftar tersebut.

Bongkar, lagu ciptaan Iwan Fals dan Sawung Jabo, dinilai memiliki kesamaan dalam hal sudut pandang penulisan lagu, khususnya untuk lagu ini, mewakili rasa prihatin dua musikus tersebut terhadap nasib rakyat kecil yang”ditindas” pada era orde baru.

Namun, menurut Rolling Stone, secara tematik, duet Iwan-Jabo tidak melahirkanperspektif baru terkait lagu tersebut.

Kendati demikian, melalui Bongkar, keduanya mampu menampilkan ekspresi serius,yang mampu menggeser protes sosial yang kala itu lazim disampaikan melaluihumor getir, layaknya Ambulance Zig-Zag (Iwan Fals) atau Badut (Sawung Jabo).”Bongkar teramat dahsyat untuk dikatakan sebagai kolaborasi biasa saja,” demikian dikutip dari Rolling Stone terbitan Desember 2009.

“Hasilnya nyaris setara dengan karya yang pernah dihasilkan duet legendaris, semisal  Lennon-McCartney Beatles, atau Jagger-Richard Stones”.

Berikut daftar 10 lagu Indonesia teratas, dari daftar “Rolling Stone – 150Lagu Indonesia Terbaik Sepanjang Masa”.1. Bongkar – Swami

2. Kebyar–kebyar – Gombloh

3. Badai Pasti Berlalu – Berlian Hutauruk

4. Bis Sekolah – Koes Bersaudara

5. Guru Oemar Bakrie – Iwan Fals

6. Kembali ke Jakarta – Koes Plus

7. Berita Kepada Kawan – Ebiet G. Ade

8. Kehidupan – God Bless

9. Sakura – Fariz RM

10. Bento – Swami.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s