LAGU CINTA DAN IWAN FALS

Apa yang sering anda dengar tentang lagu bertema cinta…?

Tentunya, lagu cinta tersebut identik bahkan sangat identik dengan kata-kata yang indah, lirik lirik romantis dan nada nada yang syahdu. Sering kita temui lagu-lagu cinta yang umum ada dipasaran sangat mengedepankan ‘romantisme’ untuk mengungkapkan perasaan kepada pasangan atau orang yang dicintai. Sebenarnya, lagu cinta sendiri memiliki arti yang luas, tidak terpaku pada perasaan cinta kepada kekasih saja, namun lebih kepada cinta alam, lingkungan dan cinta kepada tuhan. Namun, rupanya ‘cinta’ dalam sebuah lagu masih identik dengan cinta yang berhubungan dengan pasangan atau kekasih, bahkan, kalau boleh mengambil contoh dari band band telo yang sedang marak di Indonesia, lagu cinta tersebut sudah sampai pada  taraf perselingkuhan. Ya, lagu selingkuh sekarang dianggap setaraf dengan lagu-lagu cinta yang sebenarnya memiliki arti luas seperti yang saya jelaskan tadi.

Contoh, lagu Pesawat Tempur dari Iwan Fals. Walaupun intinya tentang percintaan, tetapi bang Iwan masih sempat menyisipkan lirik sindiran seperti  “Oh ya andaikata dunia tak punya tentara tentu tak ada perang yang banyak makan biaya, oh ya andaikata dana perang buat diriku, tentu kau mau singgah bukan cuma tersenyum,” atau lagu Kembang Pete yang menyisipkan lirik seperti, “Kalau diantara kita jatuh sakit lebih baik tak usah ke dokter, sebab ongkos dokter disini terkait di awan tinggi…” kombinasi lirik-lirik cinta dengan pesan-pesan tersebut tentunya membutuhkan kemampuan dan kecerdasan tersendiri dari seorang penyanyi, disini terbukti Pak Tanto mampu melakukannya.

Dulu, pada dekade 60an, lagu cinta di Indonesia memiliki lirik dan nada yang ringan dan ceria. Bisa kita lihat di lagu-lagu Koes Plus, band yang di kenal pada era 60an tersebut  membuktikan bahwa lagu cinta tidak harus identik dengan kesedihan dan kepedihan. Band segarang God Bless pun memiliki lagu cinta yang luar biasa, walaupun begitu, mereka tidak pernah membuat lirik-lirik cinta yang ‘lebay’, kata manusia zaman sekarang.

Lagu cinta yang baik menurut saya, adalah lagu cinta yang tetap memiliki keoptimisan dan tentu saja lagu tersebut harus realistis, tidak mengumbar janji-janji manis dan rasa kepedihan  belaka, namun harus ada pesan yang baik diikuti dengan lirik-lirik yang baik pula.  Baiklah, disini saya tidak ingin mengomentari lagu-lagu cinta yang beredar dipasaran karena menurut ‘wangsit’ yang saya dapatkan hal tersebut belum saatnya saya lakukan. Disini saya hanya ingin membuat daftar lagu-lagu cinta terbaik dari penyanyi favorit saya, siapa lagi kalau bukan Iwan Fals. Hehehe…..

Bagi sebagian orang yang tidak mengenal secara ‘dekat’ sosok bang Iwan, pasti mereka tidak tahu bahkan tidak menyangka kalau seorang yang lagu-lagunya identik dengan kritik sosial juga bisa membuat lagu cinta yang romantis dan yang terpenting, lagu-lagu cinta bang Iwan itu adalah lagu cinta yang realistis. Setuju teman-teman…?

Nah, mari langsung saja kita saksikan eh’ kita lihat 25 lagu cinta terbaik Iwan Fals pilihan saya.

Check it Out…..

25. Angan dan ingin

24. Aku sayang kamu

23. Jendela kelas

22. Nona

21. Lagu Cinta

20. Antara aku kau dan bekas pacarmu

19. Nyanyianmu

18. Aku antarkan

17. Sebelum kau bosan

16. Yakinlah

15. Air Mata

14. Mata Indah Bola Pingpong

13. Maaf Cintaku

12. Kumenanti seorang kekasih

Berikut 10 besarnya

11.       Jangan tutup dirimu

Saya sangat menyukai liriknya, is the mantaps, ger ger lah pokoknya.

10.       Buku ini aku pinjam

Konon lagu ini adalah lagu permintaan khusus dari pemimpin perusahaan rekaman dimana bang Iwan bernaung (album 1910), bang Iwan juga seakan setengah-setengah menciptakan lagu ini karena idealismenya tengah diuji dengan munculnya lagu ini dipasaran, namun tidak disangka, lagu ini meledak  dan menjadi salah satu lagu legendaris bang Iwan.

9.       CIK

Mantap dah lagunya, apalagi buat para lelaki yang mau punya istri, CIK sendiri berarti Calon Istri Ku

8.       Ya atau tidak

Ya atau tidak, itu saja. Sepertinya hanya orang seganteng ‘Bento’ yang bisa melakukannya.

7.       Pesawat Tempur

Salah satu lagu cinta yang asik dan sangat menghibur bagi saya, tidak ada sedikitpun kecengengan disini.

6.       Kemesraan

Lagu Iwan Fals paling populer, siapa sih yang ga kenal.. hehe….

5.       Entah

Sangat realistis, coba simak sendiri lirik lagu ini.

4.       Yang terlupakan

Lagi-lagi saya tak perlu mengomentari lagu ini.

3.       Kembang Pete

Kembang Pete adalah salah satu masterpiece cinta dari bang Iwan, liriknya sangat sederhana dan mengandung pesan dan sedikit sindiran untuk mahalnya biaya rumah sakit di Indonesia.

2.       22 Januari

Menurut saya, lagu ini adalah salah satu lagu cinta terbaik yang pernah diciptakan seorang Iwan Fals. Ya, mungkin ada yang setuju dan ada yang tidak, tapi menurut saya lagu ini pantas berada di urutan kedua.

1.IBU

Adakah yang bisa mengalahkan kecintaan kita terhadap orang tua, utamanya seorang ibu. Peran ibu sangat besar bagi kehidupan kita. ‘Ibu’ adalah sebuah lagu yang sangat luar biasa dipadukan dengan gaya vokal bang Iwan yang garang. Menurut saya, lagu ini adalah salah satu lagu terbaik yang pernah diciptakan seorang Iwan Fals.

8 Balasan ke LAGU CINTA DAN IWAN FALS

  1. Cipang mengatakan:

    Lagu iwan yang paling aku suka … untukmu terkasih dan aku milikmu …
    cuman bisa nangis bombay kalau dengerin tue lagu …. kadang berasa sesak napas malahan … lebih lebih pas mellow … kangen maen ke jogja …

    Bang Iwan … i LOve it … Really
    Thank u … rasanya lagu itu pas banget buat aku …

  2. Budi mengatakan:

    sep nih trit……(two thumbs up for this)

  3. Lagu yg judul’a. “YANG TERLUPAKAN” mantapp ngingetin sama mantan…
    tapi smua lagu bang iwan fals mantap semuaa, No 1

    Oi oi oi

  4. unyil mengatakan:

    judul lagu ijinkan aku menyanyangimu gada gan ? kn lagu cinta jg itu ? :hammer

  5. PJM mengatakan:

    Lagu itu bukan ciptaan bang Iwan, lagi pula lagu itu tidak ada apa apanya jika dibandingkan lagu cinta yang murni ciptaan Iwan Fals, khususnya periode 80an seperti diatas…. Falsmania tau itu….

  6. ichan mengatakan:

    saya suka sekali lagunya bang IWAN FALS yang berjudul ASYIK gak ASYIK,,,,kapan lagi ada musisi
    yang nyiptain lagu kayak bang IWAN FALS

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

